Download Contoh Surat Lamaran Kerja Pdf

Ingin melamar sebuah pekerjaan?

Kalau iya, maka kamu perlu surat lamaran kerja yang menarik untuk memikat hati pimpinanmu.

Di bawah ini, kami telah menyediakan berbagai contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Dengan mengirim surat lamaran yang baik dan benar, maka kesempatan untuk diterima pun akan semakin besar.

Penasaran?

Langsung saja, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

  • Format Surat Lamaran Kerja
  • Contoh Surat Lamaran Kerja:
    • PT
    • Bank
    • Guru
    • Restoran
    • Akuntan
    • Profesi Lain
    • Bahasa Inggris
  • Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja

Apa Saja Format Surat Lamaran Kerja?

Dalam membuat surat lamaran kerja, format penulisan yang sebaiknya dicantumkan adalah sebagai berikut:

  1. Tempat dan Tanggal Surat
  2. Perihal (Opsional)
  3. Informasi Kontak Tujuan
  4. Pembukaan
  5. Isi Surat
  6. Identitas Diri
  7. Bidang Keahlian
  8. Pengalaman Kerja
  9. Lampiran
  10. Penutup
  11. Tanda Tangan dan Nama Terang

Agar lebih mudah memahaminya, kamu bisa langsung melihat contoh surat lamaran kerja di bawah ini.

Catatan:

Kamu bisa menyesuaikan bagian yang ditandai dengan tanda [ ] sesuai dengan data diri kamu.

Pelajari Juga: Contoh CV Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

[Kota], [Tanggal]

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan

Di Tempat

Dengan hormat,

Sebagaimana iklan yang dimuat dalam [Sumber Informasi]per tanggal [Tanggal] tentang lowongan pekerjaan di perusahaan ini untuk bagian [Posisi/Jabatan], maka saya:

Nama                                : [Nama Lengkap]

Tempat, Tanggal Lahir  : [Kota Lahir], [Tanggal Lahir]

Alamat                              : [Alamat Lengkap]

Pendidikan Terakhir      : [Pendidikan Terakhir Kamu]

No. HP                              : [No Telepon Kamu]

Bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk mengisi salah satu posisi pekerjaan tersebut.

Saya adalah pribadi yang memiliki loyalitas kerja, bertanggung jawab, jujur, dan disiplin yang tinggi, serta memiliki komunikasi dan mampu berkordinasi secara internal maupun eksternal. Saya bersedia ditempatkan dimana saja dan melakukan perjalanan dinas keluar kota. Dengan berbekal pendidikan dan beberapa pengalaman kerja yang saya ikuti, saya yakin akan cocok untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan kelengkapan data-data diri saya bersama surat ini seperti:

1. Fotocopy Ijazah terakhir

2. Fotocopy Transcript Nilai

3. Curriculum Vitae (CV)

4. Fotocopy E-KTP

5. Fotocopy KK

6. Referensi Kerja dari perusahaan lama.

7. Kelengkapan Lain yang dikira perlu

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar permohonan kerja ini dapat diterima dan saya juga siap apabila ada panggilan untuk wawancara. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

[TTD]

[Nama Terang]

File DOC  |  File PDF

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Kepada Yth.,

HRD BANK [Nama BANK]

[Alamat BANK]

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi tentang [Nama BANK] Cabang [Nama Cabang] yang akan dibuka, saya bersedia untuk ditempatkan di berbagai posisi di perusahan Bapak/Ibu yang terhormat, maka dengan ini saya tuliskan informasi tentang biodata saya:

Nama                                 : [Nama Lengkap]

Tempat, Tanggal Lahir  : [Kota Lahir], [Tanggal Lahir]

Alamat/No Telp              : [Alamat Lengkap Kamu] / [No Telepon Kamu]

Status                                : [Menikah/Lajang]

Agama                               : [Agama Kamu]

Pendidikan                      : [Pendidikan Terakhir Kamu]

IPK Terakhir                   : [IPK Kamu; jika ada]

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

1. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy ijazah S1 dan Transkip Nilai

3. Foto copy Kartu Tanda Penduduk

4. Pas foto terbaru

5. Sertifikat Pendukung

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin, saya akan melakukan yang terbaik untuk [Nama Bank]. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

[Kota],  [Tanggal Surat]

Hormat Saya,

[TTD]

[Nama Terang]

File DOC  |  File PDF

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

[Kota], [Tanggal Lahir]

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Kepala [Nama Sekolah]

[Alamat Sekolah]

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan Guru [Mata Pelajaran] di [Nama Sekolah], maka bersamaan dengan ini saya mengajukan surat permohonan surat lamaran kerja. Berikut ini saya tuliskan informasi tentang biodata saya:

Nama                                 : [Nama Lengkap]

Tempat/Tanggal lahir    : [Kota Lahir], [Tanggal Lahir]

Agama                                : [Agama Kamu]

Pendidikan Terakhir       : [Pendidikan Terakhir Kamu]

Alamat                                : [Alamat Lengkap Kamu]

Nomor HP                         : [No Telepon Kamu]

Saya sangat menyukai bidang ilmu pendidikan serta sangat memahami [Mata Pelajaran]. Saya mempunyai pengalaman mengajar di [Nama Sekolah Asal] selama tiga bulan. Ditambah bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer, berorganisasi, serta pembuatan media pembelajaran baik manual maupun menggunakan media elektronik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

1. Foto Copy Ijazah terakhir

2. Daftar Riwayat Hidup

3. Foto Copy KTP

4. Pas Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar

5. Sertifikat Keterampilan dan Organisasi

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Semoga saya dapat mengembangkan minat, bakat dan kompetensi diri saya di bidang Pendidikan serta dapat memberikan kontribusi di [Nama Sekolah]. Besar harapan saya untuk dapat diterima di sekolah ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[TTD]

[Nama Terang]

File DOC  |  File PDF

Contoh Surat Lamaran Kerja di Restoran

[Kota], [Tanggal]

Kepada Yth.

Pimpinan [Nama Restoran]

[Alamat Restoran]

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari [Sumber Informasi] tanggal [Tanggal], [Nama Restoran] membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud melamar kerja sebagai [Posisi/Jabatan] di [Nama Restoran].

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama                                      : [Nama Lengkap]

Alamat                                    : [Alamat Lengkap]

Tempat & Tanggal Lahir    : [Kota Lahir], [Tanggal Lahir]

Pendidikan                            : [Pendidikan Terakhir Kamu]

HP                                           : [No Telepon Kamu]

Saat ini saya dalam keadaan prima, sehat jasmani maupun rohani. Saya menguasai bahasa Inggris dengan lancar, baik tulisan maupun lisan, Saya juga mampu mengoperasikan komputer dengan baik. Saya juga mengutamakan kejujuran sarta kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa bahan pertimbangan Bapak / Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Curriculum Vitae

2. Foto Copy Ijazah Terakhir yang Dilegalisir

3. Foto Copy Transkip Nilai yang Dilegalisir

4. Foto Copy SKCK

5. Foto Copy KTP

6. Surat Pengalaman Kerja

7. Pas Foto Terbaru warna ukuran 4×6 3 Lembar

Saya sangat berharap menjadi salah satu peserta yang mendapat kesempatan wawancara, agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya.

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sungguh-sungguh, atas perhatian serta kerjasama dari Bapak / Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

[TTD]

[Nama Lengkap]

File DOC  |  File PDF

Contoh Surat Lamaran Kerja Akuntan

[Kota], [Tanggal]

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Manajer Personalia [Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan di [Nama Perusahaan] yang saya dapatkan di [Sumber Informasi] pada tanggal [Tanggal], saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Akuntansi di [Nama Perusahaan].

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama                                      : [Nama Lengkap]

Tempat, Tanggal Lahir       : [Kota Lahir], [Tanggal Lahir]

Alamat                                    : [Alamat Lengkap]

Pendidikan Terakhir           : [Pendidikan Terakhir Kamu]

No. Telepon                           : [No Telepon Kamu]

Saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan. Saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu berbasis Linux atau Windows dan menguasai big data.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Curriculum Vitae

2. Foto Copy Ijazah Terakhir yang Dilegalisir

3. Foto Copy Transkip Nilai yang Dilegalisir

4. Foto Copy SKCK

5. Foto Copy KTP

6. Foto Copy Kartu Keluarga

7. Foto Copy Sertifikat

8. Surat Pengalaman Kerja

9. Pas Foto Terbaru berwarna ukuran 4×6 3 Lembar

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk [Nama Perusahaan].

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

[TTD]

[Nama Terang]

File DOC  |  File PDF

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Berbagai Profesi

Selain beberapa contoh di atas, berikut juga kami sediakan contoh surat lamaran kerja untuk berbagai profesi yang mungkin kamu butuhkan.

Jangan lupa edit atau sesuaikan bagian-bagian yang diperlukan ya!

Profesi Link
Admin DOC | PDF
Alfamart DOC | PDF
Apoteker DOC | PDF
Arsitek DOC | PDF
Auditor DOC | PDF
Bandara DOC | PDF
Bidan DOC | PDF
BUMN DOC | PDF
Cleaning DOC | PDF
CPNS DOC | PDF
Dealer DOC | PDF
Dokter DOC | PDF
Dosen DOC | PDF
Hotel DOC | PDF
Iklan DOC | PDF
IT DOC | PDF
Kafe DOC | PDF
Kantor Pos DOC | PDF
Kasir DOC | PDF
Kurir DOC | PDF
Magang DOC | PDF
Marketing DOC | PDF
Notaris DOC | PDF
Part Time DOC | PDF
Perawat DOC | PDF
PLN DOC | PDF
PNS DOC | PDF
Pramugari DOC | PDF
Pramuniaga DOC | PDF
PT KAI DOC | PDF
Reporter DOC | PDF
Resepsionis DOC | PDF
Sales DOC | PDF
Security/Satpam DOC | PDF
Sekretaris DOC | PDF
SMK DOC | PDF
Sopir DOC | PDF
Umum DOC | PDF
Wartawan DOC | PDF
Tulis Tangan JPG

Baca Juga: Contoh Berita Acara

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Jika kamu ingin melamar di perusahaan luar negeri atau membutuhkan contoh surat yang menggunakan bahasa inggris, kamu bisa mengunduh beberapa contoh di bawah ini.

Profesi Link
Accountant DOC | PDF
Business Analyst DOC | PDF
Electrician DOC | PDF
Graphic Designer DOC | PDF
Office Clerk DOC | PDF
Project Manager DOC | PDF
Secretary DOC | PDF
Teacher DOC | PDF
Bank Teller DOC | PDF
Web Developer DOC | PDF

Nah, sudah tahu kan contoh-contoh surat lamaran kerja seperti apa.

Tapi, tunggu dulu.

Agar surat yang kamu buat terlihat lebih profesional, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar suratmu semakin menarik perhatian pimpinan.

Tips-tips tersebut bisa kamu baca di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Surat Resmi

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Apa saja yang HARUS ADA di Surat Lamaran Kerja?

1. Detail Pekerjaan yang Ingin Diambil

Jelaskan juga kepada perusahaan apa jenis pekerjaan yang ingin kamu ambil.

Jika kamu melihat lowongan dari sebuah iklan atau media, jelaskan juga dari mana kamu mengetahui lowongan tersebut.

2. Skill yang Relevan dengan Pekerjaan

Bagian ini juga tidak kalah penting, yaitu bidang keahlian kamu.

Jelaskan dalam surat lamaran kerja bahwa kamu kompeten di bidang tertentu yang nantinya akan berguna untuk pekerjaan yang ingin kamu ambil.

Misalnya, jika kamu memiliki skill dalam design grafis dan ingin melamar pekerjaan menjadi designer grafis, kamu bisa jelaskan bahwa kamu menguasai tools-tools design grafis seperti photoshop, corel, adobe, atau yang lainnya.

3. Alasan Kenapa Kamu Pantas untuk Pekerjaan Tersebut

Berikutnya, berikan alasan kepada instansi/perusahaan kenapa kamu layak untuk diterima dan mengambil pekerjaan tersebut.

Berikan alasan yang kuat sehingga kamu akan dipertimbangkan untuk diterima atau disaring ke tahap selanjutnya.

Apa yang TIDAK BOLEH ada di Surat Lamaran Kerja?

1. Kesalahan Ejaan (Typo)

Setiap kamu selesai menulis surat, bacalah dari awal dan periksalah setiap ejaannya.

Jika Ada kesalahan penulisan atau ejaan, maka segera perbaiki.

Walaupun sepele, tapi hal seperti ini bisa menggambarkan seperti apa kualitas pelamar.

2. Pengalaman Kerja yang Singkat

Jika kamu memiliki banyak pengalaman kerja di perusahaan lain, tulis saja yang masa kerjanya lama.

Hindari menulis pengalaman kerja yang masanya singkat.

Hal ini dapat menimbulkan asumsi bahwa kamu orangnya cepat bosan atau tidak memiliki loyalitas.

Sebaiknya Ditulis Tangan atau Diketik?

Sebaiknya, surat lamaran kerja itu ditulis tangan atau diketik saja?

Jawabannya adalah tergantung.

Jika lowongan pekerjaan yang akan kamu ambil memberikan syarat tertentu untuk ditulis atau diketik, sebaiknya ikuti saja aturannya.

Sebaliknya, jika tidak diberikan aturan, maka akan lebih terlihat profesional jika suratnya kamu ketik di komputer.

Di era sekarang ini, surat yang diketik tentu akan terlihat lebih rapi dan profesional.

Bagaimana Jika Saya Ingin Melamar Lewat Email?

Jika kamu ingin melamar pekerjaan melalui email, maka kamu bisa mengikuti cara berikut ini: cara mengirim lamaran lewat email.

Pastikan kamu sudah menyiapkan surat serta berkas-berkas kelengkapannya dalam format digital (doc atau pdf).

Seberapa Panjang Isi Surat Lamaran Kerja?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat lamaran pekerjaan sebaiknya tidak terlalu panjang lebar.

Cukup dituliskan secara singkat, padat, dan jelas saja.

Yang terpenting adalah informasi-informasi yang diperlukan tersampaikan dengan tepat kepada instansi/perusahaan yang dituju.

Bagaimana Kalau Saya Tidak Paham tentang Pekerjaan yang Saya Lamar?

Kamu HARUS PAHAM.

Jika kamu ingin melamar sebuah pekerjaan, tentu kamu harus tahu betul tentang pekerjaan tersebut.

Jangan sampai kamu melamar pekerjaan yang tidak kamu ketahui seluk-beluknya.

Dengan mengenal lebih banyak tentang pekerjaan tersebut, maka kamu bisa menyesuaikan surat lamaran kerja yang kamu buat dengan kemampuan/keahlian kamu.

Dengan demikian, peluang untuk diterima pun akan semakin besar.

Bahasa Seperti Apa yang Harus Saya Gunakan?

Apapun instansi/perusahaan yang ingin kamu tuju, selalu gunakan bahasa yang resmi.

Pelajari penggunaan kata baku serta kalimat efektif.

Mungkin ini terlihat sepele, tapi akan jadi poin plus jika kamu lakukan.

Jangan sampai kamu menggunakan kata-kata gaul atau singkatan yang sehari-hari kamu gunakan kepada teman-teman kamu.

Penggunaan bahasa bisa mempengaruhi cara instansi/perusahaan dalam menilai diri kamu, lho.

Jika Diketik, Layout Seperti Apa yang Harus Saya Buat?

Jika kamu telah memutuskan untuk mengetik surat lamaran kerja, maka gunakanlah layout yang rapi dan mudah dibaca.

Kalau bingung, kamu bisa menggunakan standard pengetikan makalah atau skripsi, seperti:

  • Font Times New Roman ukuran 12
  • Rata Kiri Kanan (Justify)
  • Jarak Spasi 1,5

Kalau kamu punya formula tersendiri agar surat kamu terlihat rapi dan menarik, kamu juga bisa menggunakannya.

Yang terpenting adalah mudah dibaca, rapi, dan terlihat formal.

Mungkin kamu juga perlu:

  • Contoh Surat Pengalaman Kerja
  • Contoh Surat Pengunduran Diri
  • Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Apa Selanjutnya?

Setelah selesai membuat surat lamaran kerja, jangan lupa untuk mempersiapkan berkas-berkas pendukung yang ingin kamu lampirkan.

Sebagai nilai tambah, kamu juga bisa lampirkan portofolio sesuai dengan profesi yang kamu lamar.

Baca: Cara Membuat Portofolio

Semoga setelah mengetahui contoh-contoh surat di atas, lamaran kamu bisa diterima dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sekian, selamat berjuang!

Posted by: boydboydlarochellee0269789.blogspot.com

Source: https://bocahkampus.com/contoh-surat-lamaran-kerja

Post a Comment

Previous Post Next Post